Assalamu'alaikum!

Blog ini berisi salinan dari pelajaran Grup Whatsapp MAHAR ( Muslimah Belajar )
yang dibimbing oleh Ummu Aiman Hafidzahallah
(Ma'had Ibnu Qayyim Balikpapan)

Pertemuan ke-12 "Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"



Oleh : Admin Blog MAHAR ( Muslimah Belajar )      16.52.00      Label:  
ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุง๏ทฒِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…
๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒธ๐ŸŒบ๐ŸŒธ๐Ÿ’ฆ๐Ÿƒ๐Ÿ‚
               
           ๐Ÿ”ฐุญู‚ูˆู‚ ุฏุนุช ุฅู„ูŠู‡ุง ุงู„ูุทุฑุฉ ูˆู‚ุฑุฑุชู‡ุงุงู„ุดุฑูŠุนุฉ ๐Ÿ”ฐ
           
๐Ÿ”บ"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"๐Ÿ”บ

✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡

---------------๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ----------------

๐Ÿ“ Pertemuan ke-12 ๐Ÿ“
(Hak Kerabat: bagian ke-1)

ุจِุณْู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†، ูˆุจู‡ ู†ุณุชุนูŠู†
ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†
ุฃู…ุง ุจุนุฏ،


๐ŸŒ Hak yang Kelima: Hak-Hak Para Kerabat๐ŸŒ 

๐Ÿš‚๐Ÿš‡ Kerabat adalah yang memiliki hubungan denganmu dalam hal kekerabatan, seperti saudara laki-laki, paman (dari ayah), paman (dari ibu), dan anak-anak mereka, serta setiap orang yang memiliki hubungan nasab denganmu, maka mereka memiliki hak (kekerabatan) ini sesuai dengan kedekatannya. ๐Ÿš‡๐Ÿš‚

๐Ÿฐ๐ŸŠ Allah Ta'ala berfirman:

ูˆَุขุชِ ุฐَุง ุงู„ْู‚ُุฑْุจَู‰ٰ ุญَู‚َّู‡ُ

"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya." (QS. Al-Isra': 26)๐ŸŠ๐Ÿฐ

๐Ÿ’๐ŸกDan Allah Ta'ala berfirman:

ูˆَุงุนْุจُุฏُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ูˆَู„َุง ุชُุดْุฑِูƒُูˆุง ุจِู‡ِ ุดَูŠْุฆًุง ۖ ูˆَุจِุงู„ْูˆَุงู„ِุฏَูŠْู†ِ ุฅِุญْุณَุงู†ًุง ูˆَุจِุฐِูŠ ุงู„ْู‚ُุฑْุจَู‰ٰ ..

"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat... " (QS. An Nisa: 36)๐Ÿก๐Ÿ’

๐Ÿฏ๐Ÿ‹ Maka wajib bagi setiap kerabat untuk menyambung hubungan kekerabatannya dengan cara yang baik dan dengan menghormatinya, memberikan manfaat secara jasmani, memberikan manfaat dengan harta, sesuai dengan tuntutan adanya hubungan kekerabatan dan kebutuhan. Maka inilah yang sejalan dengan syariat, akal dan fitrah.๐Ÿ‹๐Ÿฏ

๐Ÿ’ ๐ŸŒธ Dan sungguh, banyak nash-nash yang menganjurkan untuk menyambung hubungan silaturahim -yaitu kerabat- dan dorongan terhadap hal tersebut.๐Ÿ”ป

๐Ÿ”ป๐Ÿ“š Di dalam shahih Imam Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

((Sesungguhnya Allah Ta'ala menciptakan makhluk-Nya hingga apabila telah selesai dari mereka, tegaklah hubungan kerabat, dan berkata:
๐Ÿ’Ž"Ini adalah kedudukan orang yang berlindung kepada-Mu dari yang memutuskan silaturahim."

Allah Ta'ala berfirman:
๐Ÿ’"Iya, tidakkah engkau ridha apabila AKU menyambung (rahmat-Ku) kepada orang yang menyambungmu, dan memutuskan (rahmat-Ku) kepada orang yang memutuskanmu?"

Berkata (silaturahim-pent):
๐Ÿ’Ž"Ya, tentu saja."

Allah Ta'ala berfirman:
๐Ÿ’"Maka itu untukmu."




๐Ÿ”ป Kemudian Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
"Bacalah (firman Allah Ta'ala) jika engkau ingin:

ูَู‡َู„ْ ุนَุณَูŠْุชُู…ْ ุฅِู†ْ ุชَูˆَู„َّูŠْุชُู…ْ ุฃَู†ْ ุชُูْุณِุฏُูˆุง ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูˆَุชُู‚َุทِّุนُูˆุง ุฃَุฑْุญَุงู…َูƒُู…ْ • ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู„َุนَู†َู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูَุฃَุตَู…َّู‡ُู…ْ ูˆَุฃَุนْู…َู‰ٰ ุฃَุจْุตَุงุฑَู‡ُู…ْ

๐Ÿšจ⚠️"Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka." (QS. Muhammad: 22-23)⚠️๐Ÿšจ))

๐ŸŒ™๐ŸŒ€ Dan Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
ู…ู† ูƒุงู† ูŠุคู…ู† ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุขุฎุฑ، ูู„ูŠุตู„ ุฑุญู…ู‡.
"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya dia menyambung silaturahim".
[Dikeluarkan oleh Imam Bukhari, dalam Kitabul Adab nmr:6137] ๐ŸŒ€๐ŸŒ™

๐Ÿƒ๐ŸŒธ Bersambung InsyaAllah

๐ŸŒ€☀️๐Ÿ’ฆ๐ŸŒ€☀️๐Ÿ’ฆ๐ŸŒ€☀️๐Ÿ’ฆ

⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃

ุงู„ุญู‚ ุงู„ุฎุงู…ุณ ุญู‚ูˆู‚ ุงู„ุฃู‚ุงุฑุจ

ู„ู„ู‚ุฑูŠุจ ุงู„ุฐูŠ ูŠุชุตู„ ุจูƒ ููŠ ุงู„ู‚ุฑุงุจุฉ ูƒุงู„ุฃุฎ ูˆุงู„ุนู… ูˆุงู„ุฎุงู„ ูˆุฃูˆู„ุงุฏู‡ู…، ูˆูƒู„ ู…ู† ูŠู†ุชู…ูŠ ุฅู„ูŠู‡ ุจุตู„ุฉ ูู„ู‡ ุญู‚ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู‚ุฑุงุจุฉ ุจุญุณุจ ู‚ุฑุจู‡، ู‚ุงู„ ุงู„ู„ّู‡ ุชุนุงู„ู‰: {ูˆุขุช ุฐุง ุงู„ู‚ุฑุจู‰ ุญู‚ู‡} (ุงู„ุฅุณุฑุงุก: ูขูฆ)

 ูˆู‚ุงู„ {ูˆุงุนุจุฏูˆุง ุงู„ู„ู‡ ูˆู„ุง ุชุดุฑูƒูˆุง ุจู‡ ุดูŠุฆุง ูˆุจุงู„ูˆุงู„ุฏูŠู† ุฅุญุณุงู†ุง ูˆุจุฐูŠ ุงู„ู‚ุฑุจู‰ } (ุงู„ู†ุณุงุก: ูฃูฆ) ููŠุฌุจ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู‚ุฑูŠุจ ุฃู† ูŠุตู„ ู‚ุฑูŠุจู‡ ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู؛ ุจุจุฐู„ ุงู„ุฌุงู‡، ูˆุงู„ู†ูุน ุงู„ุจุฏู†ูŠ، ูˆุงู„ู†ูุน ุงู„ู…ุงู„ูŠ ุจุญุณุจ ู…ุง ุชุชุทู„ุจู‡ ู‚ูˆุฉ ุงู„ู‚ุฑุงุจุฉ ูˆุงู„ุญุงุฌุฉ، ูˆู‡ุฐุง ู…ุง ูŠู‚ุชุถูŠู‡ ุงู„ุดุฑุน ูˆุงู„ุนู‚ู„ ูˆุงู„ูุทุฑุฉ.

ูˆู‚ุฏ ูƒุซุฑุช ุงู„ู†ุตูˆุต ููŠ ุงู„ุญุซ ุนู„ู‰ ุตู„ุฉ ุงู„ุฑุญู…: ูˆู‡ูˆ ุงู„ู‚ุฑูŠุจ، ูˆุงู„ุชุฑุบูŠุจ ููŠ ุฐู„ูƒ، ูููŠ ุงู„ุตุญูŠุญูŠู† ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ู‚ุงู„: { ุฅู† ุงู„ู„ّู‡ ุฎู„ู‚ ุงู„ุฎู„ู‚ ุญุชู‰ ุฅุฐุง ูุฑุบ ู…ู†ู‡ู… ู‚ุงู…ุช ุงู„ุฑุญู… ูู‚ุงู„ุช: ู‡ุฐุง ู…ู‚ุงู… ุงู„ุนุงุฆุฐ ุจูƒ ู…ู† ุงู„ู‚ุทูŠุนุฉ، ูู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡: ู†ุนู… ุฃู…ุง ุชุฑุถูŠู† ุฃู† ุฃุตู„ ู…ู† ูˆุตู„ูƒ ูˆุฃู‚ุทุน ู…ู† ู‚ุทุนูƒ، ู‚ุงู„ุช: ุจู„ู‰. ู‚ุงู„: ูุฐู„ูƒ ู„ูƒ. ุซู… ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ّู‡ ๏ทบ ุงู‚ุฑุกูˆุง ุฅู† ุดุฆุชู…: { ูَู‡َู„ْ ุนَุณَูŠْุชُู…ْ ุฅِู†ْ ุชَูˆَู„َّูŠْุชُู…ْ ุฃَู†ْ ุชُูْุณِุฏُูˆุง ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูˆَุชُู‚َุทِّุนُูˆุง ุฃَุฑْุญَุงู…َูƒُู…ْ ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู„َุนَู†َู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูَุฃَุตَู…َّู‡ُู…ْ ูˆَุฃَุนْู…َู‰ٰ ุฃَุจْุตَุงุฑَู‡ُู…ْ"}(ุณูˆุฑุฉ ู…ุญู…ุฏ: ูขูข-ูขูฃ) ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ  :ู…ู† ูƒุงู† ูŠุคู…ู† ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุขุฎุฑ ูู„ูŠุตู„ ุฑุญู…ู‡" (ุตุญูŠุญ-ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ)⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃

๐Ÿ“๐Ÿ“‹ Diterjemahkan kembali dari majelis Al Ustadz Asykari ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡, oleh Ummu Aiman ุญูุธู‡ุง ุงู„ู„ู‡ pada Jum'at, 27 Al Muharram 1438 H/ 28 Oktober 2016.

✏️ Ditulis untuk grup WA :
๐Ÿ“š MAHAR (Muslimah Belajar)
๐Ÿ“Ÿ Channel Telegram: https://bit.ly/muslimahbelajar

◼️ SALAFIYYAT BALIKPAPAN ◼️

๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒธ๐ŸŒบ๐ŸŒธ๐Ÿ’ฆ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚

⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃⊂✿⊃


ูฑู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุฑَุจِّ ูฑู„ْุนَٰู„َู…ِูŠู†

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di MAHAR (Muslimah Belajar)

Pengelola :

Admin Blog di MAHAR ( Muslimah Belajar )
yang dibimbing oleh Ummu Aiman Hafidzahallah
(Ma'had Ibnu Qayyim Balikpapan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar