🍂🍃💦🌸🌺🌸💦🍃🍂
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-12 📝
(Hak Kerabat: bagian ke-1)
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
🌠Hak yang Kelima: Hak-Hak Para Kerabat🌠
🚂🚇 Kerabat adalah yang memiliki hubungan denganmu dalam hal kekerabatan, seperti saudara laki-laki, paman (dari ayah), paman (dari ibu), dan anak-anak mereka, serta setiap orang yang memiliki hubungan nasab denganmu, maka mereka memiliki hak (kekerabatan) ini sesuai dengan kedekatannya. 🚇🚂
🍰🍊 Allah Ta'ala berfirman:
وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ
"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya." (QS. Al-Isra': 26)🍊🍰
🍒🍡Dan Allah Ta'ala berfirman:
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ ..
"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat... " (QS. An Nisa: 36)🍡🍒
🍯🍋 Maka wajib bagi setiap kerabat untuk menyambung hubungan kekerabatannya dengan cara yang baik dan dengan menghormatinya, memberikan manfaat secara jasmani, memberikan manfaat dengan harta, sesuai dengan tuntutan adanya hubungan kekerabatan dan kebutuhan. Maka inilah yang sejalan dengan syariat, akal dan fitrah.🍋🍯
💐 🌸 Dan sungguh, banyak nash-nash yang menganjurkan untuk menyambung hubungan silaturahim -yaitu kerabat- dan dorongan terhadap hal tersebut.🔻
🔻📚 Di dalam shahih Imam Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
((Sesungguhnya Allah Ta'ala menciptakan makhluk-Nya hingga apabila telah selesai dari mereka, tegaklah hubungan kerabat, dan berkata:
💎"Ini adalah kedudukan orang yang berlindung kepada-Mu dari yang memutuskan silaturahim."
Allah Ta'ala berfirman:
💍"Iya, tidakkah engkau ridha apabila AKU menyambung (rahmat-Ku) kepada orang yang menyambungmu, dan memutuskan (rahmat-Ku) kepada orang yang memutuskanmu?"
Berkata (silaturahim-pent):
💎"Ya, tentu saja."
Allah Ta'ala berfirman:
💍"Maka itu untukmu."
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-12 📝
(Hak Kerabat: bagian ke-1)
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
🌠Hak yang Kelima: Hak-Hak Para Kerabat🌠
🚂🚇 Kerabat adalah yang memiliki hubungan denganmu dalam hal kekerabatan, seperti saudara laki-laki, paman (dari ayah), paman (dari ibu), dan anak-anak mereka, serta setiap orang yang memiliki hubungan nasab denganmu, maka mereka memiliki hak (kekerabatan) ini sesuai dengan kedekatannya. 🚇🚂
🍰🍊 Allah Ta'ala berfirman:
وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ
"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya." (QS. Al-Isra': 26)🍊🍰
🍒🍡Dan Allah Ta'ala berfirman:
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ ..
"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat... " (QS. An Nisa: 36)🍡🍒
🍯🍋 Maka wajib bagi setiap kerabat untuk menyambung hubungan kekerabatannya dengan cara yang baik dan dengan menghormatinya, memberikan manfaat secara jasmani, memberikan manfaat dengan harta, sesuai dengan tuntutan adanya hubungan kekerabatan dan kebutuhan. Maka inilah yang sejalan dengan syariat, akal dan fitrah.🍋🍯
💐 🌸 Dan sungguh, banyak nash-nash yang menganjurkan untuk menyambung hubungan silaturahim -yaitu kerabat- dan dorongan terhadap hal tersebut.🔻
🔻📚 Di dalam shahih Imam Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
((Sesungguhnya Allah Ta'ala menciptakan makhluk-Nya hingga apabila telah selesai dari mereka, tegaklah hubungan kerabat, dan berkata:
💎"Ini adalah kedudukan orang yang berlindung kepada-Mu dari yang memutuskan silaturahim."
Allah Ta'ala berfirman:
💍"Iya, tidakkah engkau ridha apabila AKU menyambung (rahmat-Ku) kepada orang yang menyambungmu, dan memutuskan (rahmat-Ku) kepada orang yang memutuskanmu?"
Berkata (silaturahim-pent):
💎"Ya, tentu saja."
Allah Ta'ala berfirman:
💍"Maka itu untukmu."
🍃🌿🌹🌿🍃🌿🌹🌿🍃
Rangkuman materi dars online
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Kitab : Matan Al-Ajurumiyah
Materi :Tanda-Tanda Fi'il
Hari/tgl :Senin,24 Dzulhijjah 1437H/26 September 2016
Pertemuan ke 5
🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ اهتدى بهديه إلى يوم الدين، أما بعد:
🍃🌿🌹🌹🌿🍃
Melanjutkan pelajaran berikutnya.
علامات الفعل (Tanda-tanda fi'il)
*Matan*
قال المصنف رحمه الله:
والفعل يعرف بقد والسين وسوف وتاء التاء التأنيث الساكنة.
🌸Wal fi lu yu rafu bi qad, wassiin, wa saufa, wa taa i ta'nitsis
✅Dan fi'il diketahui dengan :
- qod
- siin
- saufa dan
- ta ta'nits assaakinah.
Perhatikan penjelasan berikut:
🌸قد (Qad)
Qad, adalah huruf yang diantaranya memiliki makna attahqiiq, yaitu sungguh-sungguh terjadi.
✅Qad, bisa masuk pada fi'il maadhi,
Contoh:
قد حضر محمد
Qod hadhoro muhammadun.
"Sungguh Muhammad telah hadir".
✅Qad, juga bisa masuk ke fi'il mudhari.
Contoh:
قد يفعل التقي الخير
Qod yaf'aluttaqiyyul Khaera
"Sungguh orang yang bertakwa itu melakukan kebaikan."
Yang menjadi inti adalah,
قد حضر
Qod masuk pada hadhoro, fiil maadhi
قد يفعل
Qod masuk pada yaf'alu, fiil mudhori.
🌸🌸🌸
Rangkuman materi dars online
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Kitab : Matan Al-Ajurumiyah
Materi :Tanda-Tanda Fi'il
Hari/tgl :Senin,24 Dzulhijjah 1437H/26 September 2016
Pertemuan ke 5
🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ اهتدى بهديه إلى يوم الدين، أما بعد:
🍃🌿🌹🌹🌿🍃
Melanjutkan pelajaran berikutnya.
علامات الفعل (Tanda-tanda fi'il)
*Matan*
قال المصنف رحمه الله:
والفعل يعرف بقد والسين وسوف وتاء التاء التأنيث الساكنة.
🌸Wal fi lu yu rafu bi qad, wassiin, wa saufa, wa taa i ta'nitsis
✅Dan fi'il diketahui dengan :
- qod
- siin
- saufa dan
- ta ta'nits assaakinah.
Perhatikan penjelasan berikut:
🌸قد (Qad)
Qad, adalah huruf yang diantaranya memiliki makna attahqiiq, yaitu sungguh-sungguh terjadi.
✅Qad, bisa masuk pada fi'il maadhi,
Contoh:
قد حضر محمد
Qod hadhoro muhammadun.
"Sungguh Muhammad telah hadir".
✅Qad, juga bisa masuk ke fi'il mudhari.
Contoh:
قد يفعل التقي الخير
Qod yaf'aluttaqiyyul Khaera
"Sungguh orang yang bertakwa itu melakukan kebaikan."
Yang menjadi inti adalah,
قد حضر
Qod masuk pada hadhoro, fiil maadhi
قد يفعل
Qod masuk pada yaf'alu, fiil mudhori.
🌸🌸🌸
🌻🌻🌻🌸🌸🌻🌻🌻
Rangkuman Materi Dars-online
➖➖➖➖➖➖➖➖
Kitab : Matan Al-Ajurumiyah
Materi : Alaamatul Harfi (Tanda-Tanda Huruf)
Hari/Tgl : Senin, 2 Al-Muharram 1438 H/3 Oktober 2016
Pertemuan ke 6
🍃🌿🌹🌿🍃🌿🌹🌿🍃
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ اهتدى بهديه إلى يوم الدين، أما بعد:
🍃🌿🌹🌹🌿🍃
علامة الحرف
🍥Alaamatul harfi🍥
===Tanda huruf===
Setelah kita mempelajari tentang tanda isim dan tanda fiil, maka sekarang kita ingin mengetahui apakah tanda dari huruf, sehingga kita bisa mengenalinya sebagai huruf.
Perhatikan matannya:
Qoolal mushonnif -rahimahullah- ;
والحرف مالا يصلح معه دليل الاسم ولا دليل الفعل
Wal harfu maa laa yashluhu ma'ahu daliilul ismi wa laa daliilul fi'li.🍉🍉🍉🍉
💐🍃💐🍃💐🍃💐🍃💐
✍Rangkuman materi dars online
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Kitab : Matan Al-Ajurumiyah
Materi :Tanda - Tanda Isim
Hari/tgl : Senin,17 Dzulhijjah 1437H/19 September 2016
Pertemuan ke 4
💐🍃💐🍃💐🍃💐🍃💐
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ اهتدى بهديه إلى يوم الدين، أما بعد:
🍃🌿🌹🌹🌿🍃
📖 Matan:
قال المصنف رحمه الله:
فالاسم يعرف :بالخفض،والتنوين،و دخول الألف واللام،وحروف الخفض و هي:
من،و إلى،و عن،و على،و في،و رب والباء،و الكاف،واللام،
وحروف القسم،وهي:
الواو،والباء,والتاء.
✏ Berkata penulis, rahimahullah:
Maka isim diketahui/dikenali dengan:
Al khafd, tanwin, masuknya alif dan lam(al), dan huruf khafd yaitu:
من dari
إلى ke
عن dari
على di atas
في di dalam
رب jarang
الباء dengan
الكاف seperti
اللام milik
Dan huruf sumpah,yaitu:
الواو ،الباء،التاء= demi
✍Perhatikan penjelasan berikut ini:
Apabila kita ingin menetapkan tentang sesuatu, maka tentu kita harus mengenali ciri-cirinya, misalnya kita ingin mengunjungi rumah fulanah,
Maka kita harus mengenali ciri-cirinya, misalnya, rumah tersebut terletak di jalan mawar, bercat warna coklat, memiliki 2 pintu depan, didepan rumahnya tumbuh pohon mangga,dst..
Demikian pula isim, jika kita ingin mengenalinya, kita harus mengetahui ciri/tanda yang ada padanya. Jika didapati salah satu tanda tersebut ada padanya, maka pastikanlah itu isim.
🌹Sekarang,mari kita mengenali tanda-tanda isim.
👆🏻 Isim dikenali dengan:
📕Al khafdhu
Yaitu adanya harakat kasrah yang harakat kasrah ini muncul disebabkan ada 'amil/penyebabnya.
🌾Contohnya:
Bismillahi بسم الله
Perhatikan pada bismi, huruf mim dikasrah akhirnya. Kenapa? karena ada huruf jar الباء، hingga menyebabkan menjadi ismi, bukan ismu, atau isma.
✅Huruf الباء inilah yang disebut 'amil/penyebab.
✅Dan ismi, di dalam keadaan khofd disebabkan 'amil الباء.
Maka kita katakan dengan yakin, ismi disitu adalah isim, mengapa?
✅krn dia dalam keadaan khofd.
📕Tanda yang selanjutnya
📘Attanwin=tanwin
Harakatnya bisa dhomma tain, fathah tain, atau kasroh tain.
Contohnya:
Baitunبيت
Baitan بيت
Baitin بيت
✅Jika kita mendapati suatu kata dengan salah satu dari 3 harakat diatas pada akhir hurufnya, maka jangan ragu untuk mengatakan bahwa kata tersebut adalah isim.
🌸🌸🌸🌸
✍Rangkuman materi dars online
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Kitab : Matan Al-Ajurumiyah
Materi :Tanda - Tanda Isim
Hari/tgl : Senin,17 Dzulhijjah 1437H/19 September 2016
Pertemuan ke 4
💐🍃💐🍃💐🍃💐🍃💐
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ اهتدى بهديه إلى يوم الدين، أما بعد:
🍃🌿🌹🌹🌿🍃
📖 Matan:
قال المصنف رحمه الله:
فالاسم يعرف :بالخفض،والتنوين،و دخول الألف واللام،وحروف الخفض و هي:
من،و إلى،و عن،و على،و في،و رب والباء،و الكاف،واللام،
وحروف القسم،وهي:
الواو،والباء,والتاء.
✏ Berkata penulis, rahimahullah:
Maka isim diketahui/dikenali dengan:
Al khafd, tanwin, masuknya alif dan lam(al), dan huruf khafd yaitu:
من dari
إلى ke
عن dari
على di atas
في di dalam
رب jarang
الباء dengan
الكاف seperti
اللام milik
Dan huruf sumpah,yaitu:
الواو ،الباء،التاء= demi
✍Perhatikan penjelasan berikut ini:
Apabila kita ingin menetapkan tentang sesuatu, maka tentu kita harus mengenali ciri-cirinya, misalnya kita ingin mengunjungi rumah fulanah,
Maka kita harus mengenali ciri-cirinya, misalnya, rumah tersebut terletak di jalan mawar, bercat warna coklat, memiliki 2 pintu depan, didepan rumahnya tumbuh pohon mangga,dst..
Demikian pula isim, jika kita ingin mengenalinya, kita harus mengetahui ciri/tanda yang ada padanya. Jika didapati salah satu tanda tersebut ada padanya, maka pastikanlah itu isim.
🌹Sekarang,mari kita mengenali tanda-tanda isim.
👆🏻 Isim dikenali dengan:
📕Al khafdhu
Yaitu adanya harakat kasrah yang harakat kasrah ini muncul disebabkan ada 'amil/penyebabnya.
🌾Contohnya:
Bismillahi بسم الله
Perhatikan pada bismi, huruf mim dikasrah akhirnya. Kenapa? karena ada huruf jar الباء، hingga menyebabkan menjadi ismi, bukan ismu, atau isma.
✅Huruf الباء inilah yang disebut 'amil/penyebab.
✅Dan ismi, di dalam keadaan khofd disebabkan 'amil الباء.
Maka kita katakan dengan yakin, ismi disitu adalah isim, mengapa?
✅krn dia dalam keadaan khofd.
📕Tanda yang selanjutnya
📘Attanwin=tanwin
Harakatnya bisa dhomma tain, fathah tain, atau kasroh tain.
Contohnya:
Baitunبيت
Baitan بيت
Baitin بيت
✅Jika kita mendapati suatu kata dengan salah satu dari 3 harakat diatas pada akhir hurufnya, maka jangan ragu untuk mengatakan bahwa kata tersebut adalah isim.
🌸🌸🌸🌸
🍂🍃💦🌸🌺🌸💦🍃🍂
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-11 📝
(Hak Para Anak - Bagian ke-3)
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
💍🎁Dan sebagian manusia ada yang salah seorang anaknya lebih diistimewakan oleh kedua orang tuanya dalam hal kebaikan dan kasih sayang. Dia mengkhususkan pemberian (kepada anaknya) disebabkan keistimewaan yang dimilikinya dalam hal kebaikan. 🎁💍
🌀🍥 Akan tetapi hal ini tidaklah menjadi alasan pembenaran untuk mengkhususkan pada anaknya tersebut, anak yang memiliki kebaikan tersebut tidak boleh (dibedakan) dalam pemberian sebagai imbalan dari kebaikannya, karena balasan pahala kebaikan itu diserahkan kepada Allah, dan karena mengkhususkan anak yang baik tersebut dengan pemberian, akan menjadikan dia takjub dengan perbuatan kebaikannya dan menganggap dirinya memiliki keutamaan serta membuat anak yang lainnya akan menjauh dan mereka tetap di atas kedurhakaannya. 🍥🌀
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-11 📝
(Hak Para Anak - Bagian ke-3)
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
💍🎁Dan sebagian manusia ada yang salah seorang anaknya lebih diistimewakan oleh kedua orang tuanya dalam hal kebaikan dan kasih sayang. Dia mengkhususkan pemberian (kepada anaknya) disebabkan keistimewaan yang dimilikinya dalam hal kebaikan. 🎁💍
🌀🍥 Akan tetapi hal ini tidaklah menjadi alasan pembenaran untuk mengkhususkan pada anaknya tersebut, anak yang memiliki kebaikan tersebut tidak boleh (dibedakan) dalam pemberian sebagai imbalan dari kebaikannya, karena balasan pahala kebaikan itu diserahkan kepada Allah, dan karena mengkhususkan anak yang baik tersebut dengan pemberian, akan menjadikan dia takjub dengan perbuatan kebaikannya dan menganggap dirinya memiliki keutamaan serta membuat anak yang lainnya akan menjauh dan mereka tetap di atas kedurhakaannya. 🍥🌀
🍂🍃💦🌸🌺🌸💦🍃🍂
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-10 📝
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
🍥🍡 ✅ Dan di antara hak-hak para anak adalah berinfak kepada mereka dengan cara yang baik, tanpa berlebihan dan mengurangi. Karena yang demikian itu merupakan kewajiban (orang tua) terhadap anak-anaknya, dan juga merupakan bentuk kesyukuran atas nikmat yang Allah berikan kepadanya berupa harta. 🍡🍥
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-10 📝
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
🍥🍡 ✅ Dan di antara hak-hak para anak adalah berinfak kepada mereka dengan cara yang baik, tanpa berlebihan dan mengurangi. Karena yang demikian itu merupakan kewajiban (orang tua) terhadap anak-anaknya, dan juga merupakan bentuk kesyukuran atas nikmat yang Allah berikan kepadanya berupa harta. 🍡🍥
🍂🍃💦🌸🌺🌸💦🍃🍂
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-9 📝
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
🌠 Hak yang Keempat : Hak Para Anak 🌠
🎒👛 Anak-anak mencakup anak laki-laki dan anak wanita. Dan hak anak-anak ini sangat banyak. Di antara yang terpenting adalah mentarbiyah/mendidik mereka; yaitu menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak di dalam diri-diri mereka hingga menjadi bagian yang terbesar dari mereka. Allah Ta'ala berfirman,
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ }
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu" (Surah At Tahrim: 6) 👛🎒
📍📝 Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
((كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤول عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْؤولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ))
"Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan ditanyai tentang kepemimpinannya. Dan seorang laki-laki itu adalah pemimpin di dalam keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya tersebut." (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim) 📝📍
🔰حقوق دعت إليها الفطرة وقررتهاالشريعة 🔰
🔺"Hak-Hak yang Dianjurkan kepadanya oleh Fitrah dan Ditetapkan oleh Syariat"🔺
✏️ Karya: Fadhilatu Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Shalih Al Utsaimin رحمه الله
---------------🍃🌺🍃----------------
📝 Pertemuan ke-9 📝
بِسْم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين
والصلاة والسلام على رسوله وعلى آله وصحبه أجمعين
أما بعد،
🌠 Hak yang Keempat : Hak Para Anak 🌠
🎒👛 Anak-anak mencakup anak laki-laki dan anak wanita. Dan hak anak-anak ini sangat banyak. Di antara yang terpenting adalah mentarbiyah/mendidik mereka; yaitu menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak di dalam diri-diri mereka hingga menjadi bagian yang terbesar dari mereka. Allah Ta'ala berfirman,
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ }
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu" (Surah At Tahrim: 6) 👛🎒
📍📝 Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
((كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤول عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْؤولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ))
"Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan ditanyai tentang kepemimpinannya. Dan seorang laki-laki itu adalah pemimpin di dalam keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya tersebut." (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim) 📝📍
كتاب الأمثلة التصريفية
📍 Hari : Rabu
📅 Tanggal : 13 Dzulqo'dah 1438H /
05 Oktober 2016
📝 Pertemuan : ke-3
- ناقص واو (Naaqis waawiy)
Huruf illahnya berada pada lam fiilnya, huruf illahnya yaitu huruf و.
Perhatikan contoh, pada urutan yang ketiga/mashdarnya.
غزا يغزو غزوا
Ghaza, yaghzuw, ghazwan
Masuk pada lam fi ilnya huruf illah و.
Kita baca bersama:
غَزَا Ghazaa
يَغْزُوْ Yaghzuu
غَزْوًا Ghazwan
وَ مَغْزًا Wa maghzan
فَهُوَ غَازٍ Fahuwa ghaazin
وَ ذَاكَ مَغْزُوٌّ Wa dzaaka maghzuwun
اُغْزُ Ughzu
لاَ تَغْزُ Laa taghzu
مَغْزًى Maghzan
مَغْزًى Maghzan
مِغْزًى Mighzan
Makna غَزَا Ghazaa = Menyerang
🔷 Terjemahan :
👈🏽 غزَا Ghazaa : telah menyerang
👈🏽يغْزُوْ Yaghzuu :sedang/akan menyerang
👈🏽غَزْوًا Ghazwan : penyerangan / serangan
👈🏽وَ مَغْزًا Wa maghzan: penyerangan/serangan
👈🏽فَهُوَ غَازٍ Fahuwa ghaazin : penyerang
👈🏽وَ ذَاكَ مَغْزُوٌّ Wa dzaaka maghzuwun : yang diserang
👈🏽اُغْزُ Ughzu :seranglah!
👈🏽لاَ تَغْزُ Laa taghzu : jangan engkau serang
👈🏽مَغْزًى Maghzan : tempat menyerang
👈🏽مَغْزًى Maghzan : waktu menyerang
👈🏽مِغْزًى Mighzan : alat serang/alat penyerangan
كتاب الأمثلة التصريفية
Pertemuan ke-2
Rabu, 28 september 2016 / 26 Dzulhijjah 1437H
- Mudho'af
Mudho'af pada pembahasan shorof adalah kata yang bertasydid.
perhatikan pada contoh:
مد
Madda = mengulurkan
Asal katanya مدد(madada)
Karena ada dua huruf dal, maka disatukan/dilebur dengan tasydid dan diberi harokat fathah, menjadi madda.
Perhatikan Tashrif:
مَدَّ - يَمُدُّ - مَدًّا - و مَمَدًّا - فَهُوَ مَادٌّ - وَذَاكَ مَمدُودٌ - مُدَّ - لَا تَمُدَّ - مَمَدٌّ ٢ - مِمَدٌّ
Makna wazan:
- Madda (مَدَّ) » telah mengulurkan
- Yamuddu (يَمُدُّ) » akan/sedang mengulurkan
- Maddan (مَدًّا) » penguluran
- Wa Mamaddun (وَ مَمَدٌّ) » penguluran
- Fahuwa māddun (فَهُوَ مَادٌّ) » pengulur
- Wadzāka mamdūdun (وَذَاكَ مَمْدُودٌ) » yang diulur
- Mudda (مُدَّ) » ukurlah!
- Laa tamudda (لَا تَمُدَّ) » jangan engkau mengukur
- Mamaddun (مَمَدٌّ) » waktu mengukur
- Mamaddun ( مَمَدٌّ) » tempat mengukur
- Mimaddun (مِمَدٌّ) » alat mengukur